Sabtu, 05 Mei 2012

MoU teknologi proses kopi luwak probiotik

Penandatanganan MoU
EXPOKEPAHIANG ~ Badan Litbang pertanian kembali melaksanakan penandatanganan naskah kerjasama salah satu hasil penelitian terbaiknya yaitu Teknologi Proses Kopi Luwak Probiotik, yang merupakan hasil penelitian dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali, dengan inventornya Ir. Suprio Guntoro.


PT. Zeoprima Industri dan Koperasi Satmakura Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu merupakan pihak mitra kerjasama yang melisensi teknologi proses kopi luwak probiotik tersebut. Kedua lisensor siap untuk memproduksi dan memasarkan kopi luwak probiotik ini sehingga dapat dinikmati oleh para peminat kopi nusantara maupun mancanegara.

Penandatangan naskah Kerjasama Lisensi di lakukan pada hari Jum’at 2 Maret 2012 di Kantor Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian. Badan Litbang Pertanian diwakili Kepala BPTP Bali Ir. A.A Ngurah Bagus Kamandalu, M.Si, sedangkan pihak mitra diwakili oleh Ibu Sofia Balfas selaku direktur utama PT. Zeoprima Industri dan Drh. Ramli Ibrahim, MM, mewakili Koperasi Satmakura.


Dalam sambutannya Kepala Balai PATP Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng yang mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan ucapan selamat kepada Koperasi Satmakura Kabupaten Kepahiang dan PT. Zeoprima Industri, yang sudah mencoba bekerjasama dengan Badan Litbang Pertanian dan semoga kerjasama ini dapat memberikan keberkahan bagi seluruh kalangan masyarakat, juga berharap agar para inventor di BPTP Bali untuk terus berkarya dan menghasilkan inovasi kepada para lisensor yang diharapkan dapat memberikan Feedback terhadap inovasi yang di hasilkan Badan Litbang Pertanian.

Kopi Luwak Probiotik yang dikerjasamakan ini adalah kopi yang diproduksi dengan proses fermentasi dengan mikroba yang diisolasi dari saluran pencernaan binatang luwak yang dilakukan diluar perut luwak. Kita berharap dengan dikembangkannya kopi luwak probiotik ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di Indonesia khususnya petani Kopi.

sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar